Rabu, 16 Juni 2010


PLPBK-ND adl Pengembangan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas.
ND adl :
  • Nata Desa (menata kawasan desa)
  • Neighbourhood Development
Program Penaggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) sebagai upaya pemerintah untuk membangun kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam menanggulangi kemiskinan secara mandiri.

Program ini sangat strategis karena meyiapkan landasan kemandirian masyarakat berupa intitusi masyarakat yang representative, mengakar dan menguat bagi perkembangan modal sosial (social capital) masyarakat di masa mendatang serta menyiapkan pondasi kemitraan masyarakat dengan pemerintah daerah dan kelompok peduli setempat.

PPP (Public Private Partnership) merupakan konsep yang dicita-citakan di masa yang akan datang dalam pembangunan permukiman (housing development). Pada tahap tersebut sudah tercipta kemandirian masyarakat dalam pembangunan permukiman, pada tahap tersebut juga sudah terjalin kemitraan antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Saat ini sudah terdapat inisiasi untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya adalah dengan melakukan pemberdayaan masyarakat (Empowerment) dengan konsep tridaya dan tribina. Hal ini diindikasikan dengan didirikannya Badan Keswadayaan Masyarakat (Community Based Organisation) sebagai motor pembangunan di level Desa.

Melalui P2KP, pada tahap pertama dilaksanakan pendampingan awal yang berorientasi untuk membangun pondasi masyarakat berdaya dengan sejumlah kegiatan intervensi dalam hal perubahan Sikap/Prilaku/Cara pandang masyarakat yang bertumpu pada nilai-nilai universal. Pada tahap berikutnya pendampingan lanjut berorientasi untuk membangun transformasi menuju masyarakat Mandiri, yang dilakukan melalui sejumlah intervensi pembelajaran kemitraan dan sinergi antara Pemerintah, Masyarakat dan Kelompok peduli setempat serta kegiatan membangun kemitraan (channelling program) dengan berbagai pihak sebagai upaya untuk mengakses berbagai peluang dan sumber daya yang dibutuhkan masyarakat.

2 komentar:

PLPBK-ND mengatakan...

temen2 mari rapatkan barisan utk Indonesia yg lebih baik...!!!!!

PLPBK-ND mengatakan...

termijn....oh termijn,knapa kau bgitu tenarnya sampai mendunia......